Tips Memilih Rangka Atap

Untuk struktur atap, baja ringan bisa jadi solusi terbaik saat ini. Material pengganti kayu ini memiliki tingkat kekuatan yang berbeda dengan baja konvensional pada umumnya

Elemen konstruksi terpenting dalam sebuah rumah salah satunya adalah rangka atap. Selain berfungsi sebagai tulang dalam struktur atap, keberadaannya pun memiliki peran penting pada struktur bangunan. Agar fisik rumah tetap prima di kondisi apapun, komponen struktur bangunan butuh perhatian khusus.
Berikut ini, tips memilih dan mengetahui elemen utama dalam konstruksi rangka atap baja ringan yang harus Anda perhatikan :


  1. Pastikan kekuatan bahan baja. Material baja memiliki beragam tingkat kekuatan. Saat ini yang terbaik adalah baja ringan yang memiliki spesifikasi g550 atau tegangan leleh 550 mpa. Kekuatan bahan ini berbeda dengan baja konvesional.
  2. Cermati desain dan perhitungkan struktur. Ada beberapa tipe penyedia rangka atap baja ringan. Umumnya, produsen menggunakan software khusus untuk merancang desain rangka atap, menghitung detail rinci yang menunjukkan dimensi rangka dan tingkat kekuatannya. Bahkan, software itu dapat disimulasikan beban rangka atap kelak. Dari software ini antara lain dihasilkan gambar kerja, jenis sambungan dan jumlah sekrup di setiap sambungan.
  3. Amati pula pemasangan dan perakitan rangka baja ringan. Pastikan bahwa, pemasang tidak dilakukan oleh sembarang tukang. Pemasang rangka atap baja ini telah memiliki sertifikat laik pasang. Dengan demikian anda mendapat jaminan bahwa desain berupa gambar yang benar untuk siap dipasang dengan benar pula.
  4. Lakukan pengawasan berkala dari supervisor yang telah ditunjuk oleh fabricator maupun dari pemilik brand.
Jika Anda yang ingin menggunakan material baja ringan untuk atap rumah, semoga rincian tips di atas akan dapat berguna. Selamat merenovasi.

Sumber : rumah123

0 Response to "Tips Memilih Rangka Atap"

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *